-->
Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal
Cafe Bisnis Online Cafe Bisnis Online
peluang usaha
Selamat Datang Di Toko Online kami-PasTikan HP Anda Sudah Terdaftar Jadi Agen Angga Reload-Kami Juga Menerima Jasa Pembuatan BLOG-Alamat Kami JL.SAMUDRA GLUGU DEKET LAMONGAN-HP:085730906060

Tolak UU Pembajakan AS - Wikipedia Matikan Laman 24 Jam

Wikipedia kemarin membuat lamannya tak dapat diakses selama 24 jam sebagai bentuk protes terhadap draf undang-undang antipembajakan online di Amerika Serikat (AS).

Pengguna yang berusaha mengakses Wikipedia hanya melihat layar hitam dan tulisan politis, ”Bayangkan dunia tanpa kebebasan pengetahuan.” Wikipedia pun mengganti halaman depan lamannya di internet dengan tulisan provokatif sebagai pesan menentang kebijakan yang tengah digodok di Negeri Paman Sam itu. ”Selama lebih satu dekade kami menghabiskan jutaan jam membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia.

Sekarang, Kongres AS mempertimbangkan legislasi yang dapat secara fatal merusak kebebasan dan keterbukaan internet. Selama 24 jam, untuk meningkatkan kesadaran, kami mematikan Wikipedia.” Namun situs tersebut tetap dapat diakses melalui telepon seluler. Selain Wikipedia, laman berita yang memasok informasi dari publik, Reddit, dan blog Boing Boing juga ambil bagian dalam ”blackout” tersebut.

Berbagai situs terlibat dalam gerakan mematikan lamannya selama 24 jam sejak dini hari Standar Waktu Bumi Belahan Timur pukul 05.00 GMT pada Rabu (18/1). Google.com juga bergabung dalam gerakan protes tersebut dengan menutup logonya dan menghubungkannya dengan petisi online bertuliskan ”Bilang Kongres: tolong jangan sensor web.” Namun Twitter menolak bergabung dalam gerakan tersebut. CEO Twitter Dick Costoloyang dikonfirmasi gerakan blackout mengeluarkan tweet,

”Menutup sebuah bisnis global untuk bereaksi terhadap satu isu nasional itu tolol.” Wikipedia merupakan ensiklopedia dalam jaringan internet terbesar di dunia.Lamannya diakses jutaan orang setiap hari Wikipedia menolak Undang- Undang Penghentian Pembajakan Online AS (Sopa) dan Undang-undang Perlindungan Kekayaan Intelektual (Pipa) yangsedangdiperdebatkanoleh Kongres AS.

Undang-undang itu akan memberi kewenangan pada Kementerian Kehakiman AS dan pemilik content untuk menggugat pengadilan m-emerintahkan mesin pencari (search engines) untuk memblokir hasil-hasil pencarian terkait dengan pembajakan. Gerakan protes ini sangat tidak terduga dan bisa disebut luar biasa.

Pengamat mengatakan, kasus ini merupakan ujian terbesar pertama bagi industri internet yang masih muda dan tidak terorganisasi melawan kepentingan media berpengaruh yang memiliki banyak pelobi di Washington. Pendukung Sopa di House of Representatives (DPR) menyatakan draf undang-undang itu didesain untuk menghentikan uang mengalir ke situs-situs internet nakal.Adapun draf  Pipa sedang dibahas Senat AS. Sabtu (14/1) lalu Gedung Putih mengeluarkan pernyataan untuk menepis berbagai kritik terhadap draf undang-undang tersebut.

” Meski kami yakin bahwa pembajakan online oleh situssitus internet asing merupakan masalah serius yang memerlukan respons legislatif yang serius, kami tidak akan mendukung legislasi yang mengurangi kebebasan berek-spresi, meningkatkan risiko keamanan maya, atau merusak internet global yang dinamis dan inovatif,” papar pernyataan itu. syarifudin

Cafe Bisnis Online

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by angga reload | - |